Jumat, 10 Oktober 2008

NOVELL NETWARE

Diposting oleh AG3ND4 C3W3K M4N!3Z

Sejarah Sistem Operasi
Sistem operasi Novell adalah system operasi yang berpaket pada jaringan. (NOS) Networking Operating System.
Sebelum Microsoft mempelajari jaringan dan internet perusahaan membagi sumber daya untuk berkas dan printer berdasarkan system operasi Novell Netware dan protocol berkaitan.
Novell Netware yang sudah merajai jaringan komputer sejak tahun delapan puluhan, mempunyai konsep menambah sistem yang ada (single user) menjadi suatu jaringan komputer, jadi istilah Network Operating System (NOS) memang betul-betul menunjukan bahwa Novell sangat serius dalam hal pengubahan PC yang tadinya hanya jalan sendiri, menjadi PC yang bisa disambung sampai tidak terbatas.



Perkembangan Novell
Perkembangan Novell dengan XNS yaitu standar yang menjelaskan mengenai seperangkat protocol yang didesain untuk internetworking terutama kegunaan lokal. Ada 2 protokol jaringan yang terlibat yaitu internet Datagram Protocol ( IDP ) dan (SPP ) Sequenced Packet Protokol.Datagram pada jaringan XNS diberikan alamat secara individual.

Dalam perkembanganya Novell menciptakan sedikit perubahan ke IDP dan SDP, dan menamakanya paket Pertukaran di internet atau IPX ( Internet Packet Echange dan pertukaran SPX yang berurut.

Ciri-ciri
Berstruktur jaringan
>Yaitu system operasinya cenderung perbaket pada jaringan memakai XNS.
Memgunakan IP Protokol IPX
>Yaitu yang berguna untuk merouting datagram IPX.
Datagram pada jaringan XNS diberikan alamat secara individual.
Skema pengelamatan menggunakan kombinasi dari 4 byte alamat jaringan IDp dan 6 byte alamat mode (alamat dari kartu jaringan

Kelebihan
@ Protokol jaringan SPP bermodifikasi dari IDP yang berbasiskan koneksi dan lebih terjamin.
@ Network Operating System (NOS) memang betul-betul menunjukan bahwa Novell sangat serius dalam hal pengubahan PC yang tadinya hanya jalan sendiri, menjadi PC yang bisa disambung sampai tidak terbatas.
@ Salah satu keunggulan Novell Netware yaitu Novell Directory Services (NDS) yang sangat mudah dikembangkan, terutama untuk penambahan atribut baru dari setiap data
Novell yang berkonsentrasi pada file server dan print server, sementara untuk aplikasi lainnya kita membutuhkan Netware Loadable Modules (NLM), hingga setiap kali kita ingin membuat suatu aplikasi, kita selalu harus memasukan NLM yang biasanya dikembangkan oleh perusahaan lain. Novell Netware mengambil pendekatan dimana setiap terminal dapat menerima dan mengirim informasi domain-nya.
Penanganan direktori yang berdasarkan satu root merupakan pendekatan yang sangat effisien bagisistem komputer yang sangat banyak. Cara ini sudah ditempuh oleh sistem Internet, dimana berbagai macam server yang ditempatkan di posisi yang berbeda (atau bahkan negara yang berbeda) bisa saling mengisi informasi dan dianggap sebagai satu kesatuan. Novell dengan Novell Directory Services-nya sudah menerapkan cara ini dengan mengambil sistem dari Banyan (X.500)
Novell GroupWise dan ManageWise menyatakan bahwa sudah 160 perusahaan menggunakan dan berniat untuk menerapkan sistem NDS(Novell Directory Services ) di dalamnya, tetapi perusahaan- perusahaan pengelola database yang besar seperti Lotus, Oracle.

Keburukan
Protokol jaringan IDP menyediakan pengiriman datagram yang tidak terjamin dan tanpa koneksi dari 1 host ke host.
Dengan paket Windows NT 4.0, kita tidak perlu lagi membeli software tambahan apapun untuk menjalankan jaringan komputer yang sedang atau akan dibuat , sementara dengan Novell, kita masih perlu membeli Microsoft Windows NT untuk menjalankannya, kecuali jika sistemnya masih menggunakan DOS.  Kemudian, dalam pengembangan aplikasinya, pemakai Novell Netware masih harus banyak ber-eksperimen untuk memasangnya secara baik, sementara dengan Windows NT, aplikasinya semua sudah tersedia dengan baik, cukup satu paket Microsoft Office yang secara de facto tidak akan mengalami kesulitan jika dijalankan dalam satu sistem yang sama Microsoft Windows.
Hardware yang dibutuhkan untuk menjalankannya
Dengan Migrate Novell Netware Server yang sudah lama ke hardware yang lebih bagus beserta Linux Mandrake 9.1 sebagai Operasi Sistem.
Minimal PC Pentium II dengan RAM 128 MB dan HD 20 GB
Semua aplikasi yang tadinya terhubung ke Novell Netware Server, bisa berjalan sempurna setelah dihubungkan ke Mandrake 9.1
Supaya Aplikasi Netware bisa dijalankan memakai Netware Emulator atau yg umum di sebut Mars-nwe.( sebuah perangkat yang mendukung aplikasi netware) .
Keamanan terhadap malware (virus)
Novell mempunyai security manager dimana prinsisnya menggabungkan firewall,VPN, Intrusion Detection dan URL-Filter yang di manage menggunakan software Appliance yang mudah digunakan.
6 Fully integrated Security Application:

Firewall Protection
Yang mengontrol arus, trafik berdasarkan ports,protocols, sources dan destination.
Virtual Private Network ( VPN ) gateway
Meniadakan biaya extra untuk sambungan dedikasi leased lines bagi pengguna jarak jauh ( remote user )
Intrusion protection
Mendeteksi dan atau memblokir serangan attacks ke dalam jaringan dan memberi kewenangan kepada administrator untuk membatasi aktifitas pengguna seperti instant messaging chat dan peer to peer networks.
Virus protection Scan
Scans menyediakan lebih dari 100 ribu lebih jenis virus signatures menggunkan multiple methods termasuk signature checking dan heuristics.
Spam Protection
Membendung, mengkarantina spam yang dicurigai menggunakan aturan rules, patterns dan thresholds yang dapat diseleksi.
Content Filtering
Menghindari akses ke wevsite yang tidak diinginkan menggunakan kebijakan access ( akses policies ) yang dapat dikostomisasi untuk setiap user atau group pengguna.

KESIMPULAN
Novell Netware yang sudah menguasai pasar sejak tahun delapan puluhan dan masih akan berjaya di sistem yang tidak memerlukan interface yang rumit (seperti Windows),sehingga baikdipakai untuk perbankan dan pengolahan data yang tidak membutuhkan grafik .








0 komentar: